gbr 3
H O M E
PROFIL PANTI
SEJARAH PANTI
VISI, MISI dan TUJUAN
GALERI PHOTO

اَنَاوَكَافِلُ الْيَتِيْم فِى الْجَنَّةِ هَكَذَا وَاَشَارَبِالسَّبَابَةِوَالْوُسْطى (البخار)
"AKU DAN PEMELIHARA ANAK YATIM DI SYURGA
SEPERTI TELUNJUK dan JARI TENGAH"

PROFIL 

PANTI ASUHAN “DARUL AITAM” NW PANCOR

Nama Yayasan
:
Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW  (YPH PPD NW) Pancor

Nama Panti Asuhan

:

PANTI ASUHAN “DARUL AITAM” NW PANCOR
Tgl. & Th. Berdiri
:
17 Oktober 1961
Nama Ketua
:
Hjh. Siti Setiahati
Alamat
:
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid  No. 125 Pancor
Desa/ Kelurahan
:
Pancor
Kecamatan
:
Selong
Kabupaten
:
Lombok Timur
Propinsi
:
Nusa Tenggara Barat
NPWP
:
03.145.738.5-915.000
Nomor SIOP
:
210/465/STT/2009
Jumlah Anak Asuh

Rekening

:

:

150  Orang   terdiri dari  : 80 Orang Putra  dan 70 Orang Putri

BritAma     : 0157-01-035173-50-8  a.n. PA. Darul Aitam NW Pancor  
BRI Cabang Selong

 
:
SIMPEDA  : 002.22.17700.01-0  a.n. PA. Darul Aitam NW Pancor   BankNTB  Cabang Selong


PENGURUS
Penasehat
1.      Drs. H. M. Suhaidi

Ketua
1. Hjh. Siti Setiahati
2. Fathurrahman

Sekretaris
1. H. Mas’udi Rahman, S.Sos.I
2. M. Aminulloh

Bendahara
1.      Saiful Hakim

Anggota
1. H. Sahmad, S.Ag.
2. Ekapaksi

Pengasuh
1. Ust. Miknah, QH
2. Holidi
3. Ll. Sahabuddin, S.Pd.I
4. Syawaluddin, S.Pd.
5. Suhaidi
6. Nurul Fajri, S.Pd.


VISI, MISI & TUJUAN

PANTI ASUHAN DARUL AITAM NW PANCOR

 

VISI
MENCETAK GENERASI YANG BERKUALITAS DAN BERMARTABAT
BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA

 
MISI
-   Mengayomi, Melayani dan Menyantuni anak asuh secara routine
-   Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Ajaran Agama secara luas dan benar
-   Menumbuh Kembangkan Kreatifitas Anak Asuh melalui Pembinaan Keterampilan
-   Meningkatkan Kedisiplinan bagi seluruh Warga Panti Asuhan
 
TUJUAN
Meningkatkan kesejahteraan bagi anak-anak yang kurang mampu agar bisa
mandiri dan berkifrah di Masyarakat sebagaimana layaknya kehidupan orang
yang berkecukupan dalam nuansa yang Islami

Sejarah Singkat Berdirinya Panti Asuhan Darul Aitam NW Pancor
           
Panti Asuhan Darul Aitam Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur pada mulanya didirikan pada tanggal 17 Oktober 1961 yang berkedudukan di Pancor, Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa tenggara Barat yang dipelopori oleh salah seorang Sesepuh  Masyarakat Desa Pancor bernama  H. M. Zainuri. Atas nama Panti Asuhan Masyarakat Desa Pancor, namun dari hari ke hari perkembangannya begitu-begitu saja. Oleh karena itu pada tahun 1963 Panti Asuhan ini diserahkan kepada Organisasi Nahdlatul Wathan  ( NW ) dan diberi nama Panti Asuhan  “DARUL AITAM” NW.  oleh Al-Magfurullah Bapak Maulana Syeikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid dan jumlah anak asuhnya pada waktu itu  sebanyak  : 19 orang terdiri dari 11 orang  laki-laki dan 8 orang perempuan.
Setelah bernaung dibawah Organisai Nahdlatul Wathan  ( NW ) Panti Asuhan ini berkembang dengan pesat, karena anak asuhnya bukan saja berasal dari Desa  Pancor  namun  dari  berbagai  anak  cabang NW se Propinsi  Nusa Tenggara  Barat.
Setelah melihat perkembangan Panti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor yang begitu pesat, maka pada tanggal 24 September 1966 Bupati Lombok Timur yang saat itu di jabat oleh Bapak H. Lalu Muslihin menyerahkan sebidang tanah yang berlokasi di Jalan Pahlawan Pancor Selong Lombok Timur kepada Panti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor seluas  : 10.000  M2 ( Satu Hektar ) sesuai dengan surat Nomor  : 38/DD.20/10-533, dan pada tahun 1967 oleh pendiri NWDI, NBDI Al-Magfurullah Bapak Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid memulaikan Pembangunan Gedung Asrama Panti Asuhan Darul Aitam NW Pancor  dengan ukuran  : 8 x 24 x 4 M2   sebanyak 3 lokal.
Ditempat gedung yang baru inilah secara perlahan-lahan  mulai ditertibkan Administrasi dan sistim pelayanan terhadap anak asuh walaupun pada saat itu kondisi keadaan masyarakat masih belum memadai sehingga Pengurus merasa sangat kesulitan, untuk makan saja boleh dibilang sulit walaupun Pengurus berupaya dengan maksimal menghimbau masyarakat mengadakan jimpitan setiap memasak.
 
Latar belakang didirikan Panti Asuhan ini antara lain  :
 
1.   Sesuai dengan Ajaran Islam, bahwa Ummat Islam wajib menolong dan belas kasihan terhadap orang - orang  terlantar dan melarat seperti Anak Yatim dan Fakir miskin, sedangkan bagi  orang - orang  yang menaruh belas kasihan serta suka menolong bagi orang - orang melarat tersebut telah digambarkan dalam Hadits Nabi  yang berbunyi   :
أَنَاوَكَا فِلُ الْيَتِمِ فِىالْجَنّةِ هكَذَا وَأَشَارَبِالسَّبَابَةِ وَالْوُسْطلى  (الحديث)
Artiny     a: Saya dan Orang-orang yang memelihara Anak Yatim akan berdampingan di dalam Syurga seperti berdampingan  dua jari   ( Rosululloh SAW. menunjukkan kedua jarinya yaitu Telunjuk dan Jari tengahnya )
 
2.      Mengingat banyaknya Anak Yatim dan Fakir Miskin terlantar yang perlu segera mendapat uluran tangan untuk ditolong, sekaligus mendukung Program Pemerintah untuk dapat memperoleh Pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa yang berkwalitas sehingga dapat berguna bagi Agama Nusa dan Bangsa.
 
-  Setatus Kepemilikan :
Panti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor adalah bernaung dibawah Organisasi Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah ( NWDI ) yang didirikan pada tanggal 15 Jumadil Akhir 1356 H / 17 Agustus 1936 M. yang berazaskan Pancasila dan berhaluan Islam Ahlussunnah Waljamaah serta bergerak di bidang Pendidikan, Sosial dan Da’wah Islamiyah.
 
Bidang Pendidikan :
Sebagai Organisasi Pendidikan, Nahdlatul Wathan telah mampu menyelenggarakan Pendidikan berupa Madrasah / Sekolah baik dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai dengan Perguruan Tinggi.
 
Bidang Sosial  :
Sebagai Organisasi Sosial telah membentuk beberapa Asuhan Keluarga Nahdlatul Wathan, Panti Asuhan Nahdlatul Wathan yang berlokasi di Kota, Desa dan Dusun sebagai lokasi penampungan Anak Yatim dan Fakir Miskin terlantar.
 
Bidang Da’wah  :
Sebagai Organisasi Da’wah Islamiyah Nahdlatul Wathan Tetap melaksanakan Ceramah-Ceramah Agama baik lewat Pengajian Umum, Majlis Ta’lim, Jamaah Hizib dsbnya. Yang berlokasi di Masjid, Mushalla dan tempat Ibadah lainnya baik di Kota maupun Desa dan Dusun.
Adapun Panti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor, dikoordinir oleh Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan ( YPH PPDNW ) Pancor yang didirikan pada tanggal 27 September 1982 dengan Akte Notaris No. 244

Sarana dan Prasarana yang dimiliki PAnti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor  :

01.

  7 buah

Lokal Asrama Anak Asuh Putra   ( 8 x 8 x 3,5 M )

02.

  1 buah

Ruang Kantor   ( 8 x 8 x 3,5 M )

03.

 20 buah

Lokal Asrama Anak Asuh Putri     ( 3,5 x 4 x 3 M )

04.

  2 buah

Ruang Belajar  ( 8 x 8 x 3,5 M )

05.

  7 buah

Ruang Pengasuh

06.

  2 buah

Ruang Tukang Masak

07.

  1 buah

Ruang Keterampilan

08.

  1 buah

Aula Kegiatan

09.

  2 buah

Ruang Makan

10.

  1 buah

Ruang Perpustakaan

11.

  2 buah

Ruang Masak / Dapur

12.

 2 buah

Gudang Perbekalan

13.

  1 buah

Ruang Puskespan

14.

  2 buah

Mushalla

15..

35  buah

Kamar mandi / WC

16.

 1 buah

Kios     ( 5 x 14 x 4 M )

17.

  5 unit

Mesin/Pump. Air

18.

  2 unit

Kendaraan Roda Empat

19.

  1 unit

Sepeda Motor

20.

  2 unit

Komputer

21.

  1 set

Sound Sistem

22.

  1 set

Alat Musik

23.

  1 unit

Mesin Tik

24.

 3 buah

Lemari Arsip

25.

  8 buah

Meja Biro

26.

  8 buah

Kursi

27.

2 stel

Kursi Tamu

28.

  1 unit

Pesawat Telepon

29.

 3 unit

Jam Dinding

30.

 70 buah

Ranjang Besi 

31.

 18 buah  

Dipan Kayu

32.

18 buah

Lemari Pakaian

33.

 84 buah

Lemari Pakaian & Meja Belajar

34.

 12 buah

Meja Belajar

35.

  2 unit

Genset   ( 3000 Watt  &   1000 Watt)

36.

  1 unit

Kompresor

37.

 4 buah

TV berwarna   ( 2 bh.  14”  dan  2 bh. 21”)

38.

1 unit

Vacum  / Penyedot Debu

 

 

 

Praktik Profesional dalam Pelayanan
 
Dalam melaksanakan kegiatan Usaha Kesejahteraan Sosial  ( UKS )  di Panti Asuhan Darul Aitam NW Pancor  Pengurus berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan dalam hal-hal sebagai berikut   :
 
*.   Pemenuhan Kebutuhan Makanan
Alhamdulillah Pengurus Panti Asuhan ”Darul Aitam” NW Pancor telah dapat memenuhi kebutuhan makan anak asuh 3 X  dalam sehari dengan memperhatikan kriteria menu        3 B  =  Bergizi, Berimbang, Beragam.  Selain itu juga setiap 2 minggu sekali diberikan tambahan makan / penambahan gizi  seperti Bubur Kacang Ijo, Telur dll.
Hal ini menjadi prioritas Pengurus untuk dapat memberikan / layanan makan yang dapat memenuhi standar gizi, agar anak asuh tetap dalam keadaan fit, karena mereka harus terus belajar, itulah sebabnya perlu didukung pelayanan makan yang standar. Berangkat dari situasi inilah Pengurus berupaya terus untuk dapat memberikan layanan makan 3 X sehari.
 
*.   Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan
Eksistensi atau keberadaan Panti Asuhan ”Darul Aitam” NW Pancor bukan saja sekedar tempat menampung dan memberi makan pada anak asuhnya melainkan juga suatu wadah / tempat  membina anak asuhnya agar menjadi generasi yang berkualitas. Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Panti Asuhan ”Darul Aitam” NW Pancor.  Nah Visi, Misi dan Tujuan itu bisa terlaksna dengan baik  apabila kebutuhan Pembinaan dan Pendidikan terpenuhi.  Dalam hai ini Pengurus Panti mengacu pada kebijaksanaan Pengurus Yayasan Pendidikan Hamzanwadi PPD NW Pancor bahwa anak-anak asuh harus melanjutkan Pendidikan di Sekolah/Madrasah yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Hamzanwadi PPD NW Pancor dan disesuaikan dengan pilihan anak pada saat mendaftar menjadi anak asuh di Panti Asuhan, mulai dari jenjang Pendidikan SD/MI s/d. SLTA/ Madrasah Aliyah. Disamping memperoleh pendidikan disekolah/Madrasah, di dalam asrama juga dberikan Pembinaan dan bimbingan belajar bahkan didatangkan juga Guru-Guru  Prifat  sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Pengurus Panti menaruh harapan besar untuk suksesnya Pendidikan Anak Panti hingga Pengurus menyediakan Ruangan khusus untuk belajar dengan sarana dan prasarana yang memadai.
Sesuai dengan ketentuan, Pengurus Panti hanya mampu mengantar anak-anak asuh sampai tingkat SLTA / Madrasah Aliyah, selebihnya kita kembalikan  pada keluarga.  Dan Alhamdulillah pada kegiatan Pendidikan tahun 2008, Pengurus telah/sedang memberikan Pendidikan Keterampilan Praktis   antara lain  :    Membuat Anyam-Anyman dari lidi, Membuat Tempe,  Mengolah Makanan / membuat Kue  dari bahan sekitar  seperti  : Ubi, Labu, Kates dll.
 
*.   Pemenuhan Kebutuhan Kesehatan
Seperti dimaklumi bahwa Panti Asuhan “Darul Aitam” NW Pancor terletak diwilayah kerja Puskesmas Denggen, maka dalam memenuhi kebutuhan Pelayanan Kesehatan bagi anak asuh, Pengurus Panti menjalin kerjasama dengan pihak Puskesmas hingga terealisasinya wadah Pusat Kesehatan Panti (PUSKESPAN) dengan kunjungan tenaga Puskesmas 2 x sebulan. Dalam hal ini pihak Panti sudah menyediakan Ruangan khusus yang dilenkapi dengan obat-obatan standar Puskesmas serta sarana dan prasarana yang dapat mendukung terpenuhinya pelayanan kesehatan anak. Jika memerlukan perawatan yang lebih intensif / apabila ada anak yang mengalami sakit yang cukup berat, maka Pengurus Panti merujuknya ke Rumah Sakit  (RSUD) Selong yang letaknya + 500 M. dari Asrama Panti
 
*.   Pemenuhan Relasi Sosial
Pengurus Panti berupaya agar tidak ada kesenjangan / dinding pembatas antara anak asuh dengan Pengasuh maupun Pengurus Panti. Hal ini diterapkan oleh Pengurus agar anak asuh dapat menyampaikan keluh kesahnya / curhat agar lebih jauh Pengasuh mengetahui / memahami kepribadian masing-masing anak asuh. Dengan demikian diharapkan memudahkan Pengasuh  memberikan pembinaan pada anak. Keakraban ini juga tetap terbina karena setiap bulan sekali kita mengadakan pertemuan baik Pengurus, Pengasuh dan semua anak asuh putra dan putri  ( biasa disebut lailatul ijtima’ )
 
*.   Prosedur Pelayanan Sosial
Dalam penerimaan anak asuh baru  dilaksanakan melalui proses penyeleksian yang diawali dengan Pendaftaran dan membawa Surat Pemohonan / Rekomendasi dari Pengurus Anak Cabang NW setempat yang di lampiri dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa, Surat Keterangan Sehat dari doker (bebas dari segala macam penyakit menular dll), Akte Kelahiran / Kartu Keluarga  dll. Selanjutnya diadakan rapat penentuan  penerimaan atau penyeleksian. Sebab biasanya jumlah yang mendaftar jauh lebih banyak daripada jumlah anak asuh yang akan diterima karena jumlah yang akan diterima sesuai dengan jumlah anak asuh yang tamat pada tahun yang bersangkutan.  Contohnya pada tahun ini  dari 150 orang anak yang di asuh, yang tamat hanya 17 orang  yaitu 10 putra dan 7 putri,  ini berarti yang akan diterima menjadi anak asuh tahun ini hanya 10 orang putra dan 7 orang putri.     
Sejak awal pendaftaran anak memasuki Panti, pemilihan jenis sekolah/pendidikan yang akan dimasuki Pengurs memberikan kebebasan untuk memilihnya. Dalam Pengasuhan berikutnya baik secara pribadi maupun keseluruhan anak asuh tentu tidak pernah lepas dari pengamatan / pengawasan Pengasuh dan Pengurus bahkan semua kejadian yang di alami oleh anak, apakah itu suatu prestasi ataupun suatu pelanggaran yang dilakukan oleh anak, semuanya ditulis atau dicatat dalam Data Pribadi / File Pribadi Anak. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam melihat perkembangan masing-masing anak. (contoh File Pribadi anak terlapir) Jika terjadi hal-hal yang kurang pas diantara anak asuh, Pengasuh menegur / memberikan peringatan. Bahkan bila di anggap perlu memanggil orang tua / wali untuk menyelesaikannya bersama
 
*.   Memperhatikan partisipasi anak dalam kegiatan pengasuhan
Tidak menutup kemungkinan anak mempunyai pikiran-pikiran / ide yang bagus dalam pelayanan di Panti. Pengurus menampung / mendengar ide ide tersebut. Hal ini terlihat sekali dalam kegiatan waktu luang, anak berkreasi menata taman, membuat kaligrafi untuk ruangan dan aula Panti. Terlebih dalam kesempatan peringatan hari-hari besar Islam dan acara perpisahan, semua dirancang, dikoordinir dan dilaksanakan oleh anak-anak dan berkoordinasi dengan Pengasuh dan Pengurus.  Inilah bentuk perhatian Pengurus dalam hal keterlibatan dan partisifasi anak dalam pengasuhan
 
*.   Penghargaan terhadap Privasi & Martabat Anak
Pengurus menaruh perhatian besar terhadap anak-anak asuh terlebih bagi anak yang berprestasi dan menempatkan anak asuh sebagai makhluk Alloh SWT. Yang mempunyai hak-hak anak yang harus dipenuhi, baik oleh Pengasuh maupun Pengurus Panti. Pemberian pujian dan penghargaan bahkan hadiah  bagi mereka yang berprestasi dan tidak pernah melanggar aturan dan tata tertib yang ada dalam Panti. Dan bagi anak yang prestasinya kurang dilakukan pendekatan secara khusus untuk diberikan motipasi dan dorongan agar dirinya tidak merasa di rendahkan.
Bagi anak yang masa asuhnya sudah berahir / selesai diberikan sertifikat Panti  agar anak selalu ingat bahwa dirinya sudah di asuh dalam Panti Asuhan ”Darul Aitam” NW Pancor
 
*.   Pemenuhan Kebutuhan Rekreasi
Dalam hal kebutuhan Rekreasi Pengurus berupaya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pengelola tempat wisata/rekreasi  seperti kawasan wisata ”Lembah Hijo” dll.  sehingga anak asuh bisa menikmati liburannya dengan  berwisata / rekreasi.  Selain itu juga anak asuh memanfaatkan Taman Kota Selong  sebagai tempat bermain dan rekreasi  karena letaknya tidak jauh dari komplek Asrama Panti yaitu  +  300 M.   Dan di dalam Asrama  Pengurus juga   menyediakan Televisi yang dapat di tonton oleh anak sebagai sarana hiburan.
 
*.   Melaksanakan Pertemuan dengan Orang Tua
Pertemuan dengan orang tua / keluarga anak asuh terlaksana pada saat-saat tertentu atau apabila ada permasalan yang perlu diselesaikan bersama dengan pihak keluarga yang bersangkutan disamping pertemuan yang dilakukan sekali setahun yaitu pada saat acara perpisahan dan penyerahan anak asuh yang sudah selesai masa asuhnya di Panti dan sudah tamat sekolah (SLTA) pada orang tua dan keluarga mereka.
 
 
Kwalitas Hasil Layanan
 
Kondisi Anak
Kepemilikan Akte Kelahiran
Alhamdulillah secara keseluruhan anak asuh telah mempunyai Akte Kelahiran. Jika terpaksa keluarga belum mampu menyertakan Akte Kelahiran pada saat mendaftar sebagai warga Panti, Pengurus pun berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan untuk dibuatkan Akte Kelahiran bagi anak asuh yang bersangkutan
 
Tumbuh kembang dan kesehatan anak
Pertumbuhan, Perkembangan dan Kesehatan anak asuh cukup baik, hal ini  dilihat dari hasil pemerikasaan gizi anak asuh yang dilakukan oleh pihak puskemas beberapa bulan yang lalu yang hasilnya bahwa gizi anak asuh  rata-rata baik  Hal ini tetap dapat dipantau karena kegiatan pemeriksaan rutin dari pihak Kesehatan/ Puskesmas tetap berjalan sesuai program yakni 2 x sebulan.
 
Dalam hal Pelayanan Pendidikan baik pendidikan Formal, Nonformal dan Informal Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik  ini bisa dilihat dari prestasi anak Panti disekolahnya masing-masing yang tidak kalah bersaing dengan anak-anak lain yang bukan anak Panti
 
Partisifasi anak dalam kegiatan sehari hari
Secara terjadwal anak-anak mendapat tugas / giliran  dalam kegiatan di Mushalla maupun membersihkan ruangan, halaman / taman dilingkungan asrama dan khusus putri ada tambahan membantu ibu asuh memasak di dapur
 
Kebersihan diri dan lingkungan anak
Sarana dan prasarana yang mendukung kebersihan diri walaupun sederhana, dapat dipenuhi oleh Pengurus  seperti  : Penyiapan kamar mandi, sabun mandi, sabun cuci, odol/sikat gigi dll.
Untuk kegiatan kebersihan lingkungan secara rutin dilaksanakan setiap hari sesuai dengan jadwal / gantian masing-masing dan stiap hari Jum’at secara bergotong royong sesuai dengan Program Jum’at Bersih
 
Anak terlindungi dari segala bentuk eksploitasi
Anak tidak diperbolehkan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan di asrama ataupun kegiatan disekolah apalagi bekerja atau istilahnya kerja harian di luar Panti. Ini untuk menghindari terjadinya eksploitasi anak. Karena mereka masuk di Panti Asuhan adalah untuk diberikan Pembinaan dan Pendidikan bukan untuk bekerja
 
Anak terlindungi dari tindak kekerasan
Pengurus dan Pengasuh menerapkan pola kasih sayang diantara sesama. Itulah sebabnya penanganan kasus / masalah anak diselesaikan dengan senyum, tanpa kekerasan (Pemukulan, Penjeweran dll.). Penyelesaian kasus dengan cara melakukan pendekatan dengan anak / dari hati kehati akan lebih menjamin, aman dan menyentuh
 
gbr 1
اَنَاوَكَافِلُ الْيَتِيْم فِى الْجَنَّةِ هَكَذَا وَاَشَارَبِالسَّبَابَةِوَالْوُسْطى (البخار)
"AKU DAN PEMELIHARA ANAK YATIM DI SYURGA
SEPERTI TELUNJUK dan JARI TENGAH"
gbr 1
banner468-leon